ANRI Turunkan Tim Taskforce Arsip Pasca Bencana Banjir di Sulawesi Selatan

Penulis super
Rabu 20 Februari 2019 165

Bontosunggu, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan - Bencana banjir  yang melanda sebagian Provinsi Sulawesi Selatan mengakibatkan arsip-arsip milik masyarakat dan Pemerintah daerah mengalami  kerusakan.

 

ANRI sebagai institusi Pemerintah Pusat yang menangani bidang kearsipan menurunkan Tim Taskforce ke Kabupaten Jeneponto  salah satu Kabupaten yang terdampak banjir. 4-8 Februari 2019.

 

Tim Taskforce ANRI (Madris, Supriyadi, Tarwidi, dan Suryadin)  dipimpin oleh Bapak H. Madris melakukan Penyelamatan arsip dan Bimbingan Teknis di Kabupaten Jeneponto  yang terdampak  banjir.

 

Aktivitas Tim Taskforce diawali dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Jeneponto, Sekda Kabupaten Jeneponto, dan beberapa  OPD Kab. Jeneponto. 

 

Kegiatan Tim dilanjutkan dengan pendataan terhadap arsip yg rusak, dan melakukan bimbingan teknis bagi pelaksana kearsipan, serta melakukan perbaikan arsip yang rusak.

 

Aktivitas Tim diakhiri dgn penyerahan bahan-bahan restorasi kearsipan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jeneponto.

 

Dengan aktivitas ini diharapkan arsip yg rusak di Kab. Jeneponto dapat diperbaiki kembali dan pemerintah daerah dapat mandiri dalam menangani arsip yang mengalami kerusakan. Arsip yang merupakan sebagai bukti akuntabilitas kinerja pemda dan hak keperdataan rakyat dapat teratasi dari  dampak bencana.(lnh)


Search